Tugas 4

Generalisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan umum.

Contoh:
Tamara Bleszynski adalah bintang iklan, dan ia berparas cantik.
Nia Ramadhani adalah bintang iklan, dan ia berparas cantik.
Generalisasi: Semua bintang sinetron berparas cantik.
Pernyataan “semua bintang sinetron berparas cantik” hanya memiliki kebenaran probabilitas karena belum pernah diselidiki kebenarannya.

Contoh kesalahannya:
Omas juga bintang iklan, tetapi tidak berparas cantik.

Analogi adalah proses penalaran berdasarkan pengamatan terhadap gejala khusus dengan membandingkan atau mengumpakan suatu objek yang sudah teridentifikasi secara jelas terhadap objek yang dianalogikan sampai dengan kesimpulan yang berlaku umum.

Contoh analogi
manusia tidak suka diganggu dan diancam keselamatannya. Mengingat binatang juga mempunyai sifat yang secara relatif sama dengan manusia, setelah kita bandingkan, kita dapat menyimpulkan bahwa binatang juga tidak mau diganggu, apalagi diancam keselamatannya. Bedanya, binatang menggunakan naluri untuk mengetahui dan menghadapi bahaya yang mengancamnya, sedangkan manusia menggunakan kemampuan berpikirnya.

Paragraf hubungan sebab akibat (hubungan kausal) adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan fakta khusus yang menjadi sebab, dan sampai pada simpulan yang menjadi akibat.

Contoh
kurang nya kesadaran akan manusia tentang kebersihan lingkungan di tambah lagi dengan banyak manusia yang sering sekali membuang sampah di kali membuat kali itu menjadi tidak sehat dan kotor . Akhirnya membuat kali menjadi meluap dan terjadi banjir yang membuat manusia merasakan akibat ulah mereka sendiri .

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Generalisasi
http://www.pengertianahli.com/2014/07/pengertian-analogi-dan-contoh-analogi.html#_
http://kabartugas.blogspot.com/2012/12/contoh-paragraf-generalisasi-analogi.html

Leave a comment